Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Friday, February 13, 2015

Satgas Yonif Linud 501/BY Peduli Pendidikan Karakter Cinta NKRI Dengan Melaksanakan LDK Se-Kabupaten Sambas Ke Luar Negeri

Latihan Dasar Kepemimpinan/LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala yang berkaitan dengan Kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh pengurus OSIS baru. Akan tetapi bagaimana jadinya kalau LDK ini dilatih oleh Tentara bahkan pelaksanaannya sampai ke Luar Negeri. Hal ini yang telah dilakukan oleh Kompi Satgas B Yonif Linud 501/BY yang sedang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

Pada tanggal 15 s.d. 18 Januari 2015 Prajurit Yonif Linud 501/BY yang bertugas di daerah Sajingan Besar, Kalimantan Barat meluangkan waktu mereka untuk memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan/LDK Se-Kabupaten Sambas. Di tengah-tengah kesibukan mereka sebagai Prajurit yang menjaga dan mengamankan wilayah Perbatasan RI-Malaysia, mereka meluangkan waktu beberapa hari untuk melatih dan memberikan beberapa materi LDK kepada Pemuda Pemudi Perbatasan Se-Kabupaten Sambas.

Kegiatan LDK ini diikuti oleh siswa siswi perwakilan dari beberapa SMA dan SMK di Kabupaten Sambas. Dari hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan Panitia Sekolah dengan Pelatih, banyak sekolah yang mengajukan untuk mengikuti kegiatan LDK. Namun kondisi cuaca musim hujan menyebabkan beberapa sekolah yang tidak dapat datang untuk mengikuti kegiatan LDK. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang sangat memprihatinkan dan rusak parah apabila dilalui ketika basah. Akan tetapi semangat pemuda-pemudi Perbatasan di Kabupaten Sambas tetap berkobar untuk mengikuti kegiatan LDK. Peserta yang mengikuti kegiatan LDK ini berjumlah 51 orang yang terdiri dari 30 orang putri dan 21 putra dengan didampingi oleh guru pendamping berjumlah 11 orang yang berasal dari beberapa SMA dan SMK Se-Kabupaten Sambas.


Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Se-Kabupaten Sambas dibuka pada Hari Kamis 15 Januari 2015 oleh Wakil Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sajingan Besar, Bapak Auful Amsyari, S.Pd. panitia Sekolah telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Pelatih dari Satgas Pamtas YL 501/BY untuk menyusun kegiatan yang dilaksanakan oleh LDK. Kegiatan LDK diawali dengan pengisian dan pelatihan materi PBB yang dilaksanakan di Border Aruk. Kegiatan LDK dilatih oleh prajurit-prajurit Bajra Yudha yang bertugas di Perbatasan diantaranya Serda Tedy, Praka Suherman, Pratu Adi Sucipto (Pos Sajingan Terpadu), Kopda Ciptoro, Praka Devi (Pos Sajingan Gabma), Praka Imam, Pratu Erlanda (Pos Km 28), dan Lettu Inf Dian Nur Huda (Danpos Km 28) sebagai Koordinator Pelatih.



Pada malam harinya dilaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Training Motivasi Aktivasi Otak Kanan yang dibawakan oleh Letnan Satu Inf Dian Nur Huda, S.S.T.Han., S.IP., S.Sos (Danpos Km 28). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air di wilayah Perbatasan, serta untuk memberikan motivasi berprestasi tentang kekuatan suatu impian dengan menggunakan Otak Kanan. Kegiatan dilaksanakan dengan semangat dan sangat antusias oleh peserta LDK bahkan para Guru Pendamping Siswa. Terlihat peserta LDK begitu semangat dalam menonton video-video tentang Wawasan Kebangsaan dan antusias dalam melaksanakan permainan-permainan senam otak.



Keesokan harinya pada Hari Jumat 16 Januari 2015 dilaksanakan kegiatan Pengenalan Mountaineering/Teknik Mendaki Gunung. Kegiatan yang dilaksanakan di Tebing sekitar jalan Sambas - Aruk ini cukup menyedot perhatian warga masyarakat yang melintasi jalan. Terbukti dengan banyak warga masyarakat yang berhenti untuk melihat kegiatan turun tebing tersebut. Kegiatan mountaineering ini dilanjutkan lagi setelah pelaksanaan sholat Jumat dan berakhir pada sore hari. Pada malam hari kegiatan dilanjutkan kembali dengan penyisian Wawasan Kebansaan guna menumbuhkan dan menimbulkan rasa Nasionalisme Bangsa.

Pada hari Sabtu 17 Januari 2015 mungkin bisa menjadi hari yang bersejarah bagi para Peserta LDK, guru pembimbing dan Pelatih. Hal ini dikarenakan baru pertama kali ada Latihan Dasar Kepemimpinan yang membawa pesertanya ke Luar Negeri. Melalui proses tahapan koordinasi sebelumnya yang sudah dilaksanakan dengan baik antara Negara Indonesia dan Negara Malaysia. Seminggu sebelum pelaksanaan kegiatan LDK para unsur Pos Satgas Kompi B Yonif Linud 501/BY telah melaksanakan koordinasi dengan mengirimkan surat Permohonan ijin melaksanakan kegiatan ke pihak Imigrasi Indonesia, Imigrasi Malaysia, Pos Gabma Biawak Malaysia, dan Polisi Malaysia.


Long mars ke Luar Negeri Jiran Malaysia di mulai dari depan Pasar Aruk dilanjutkan bergerak ke Border Aruk. Sebelum masuk ke Negara Malaysia, peserta LDK diperkenalkan dengan Patok Perbatasan RI-Malaysia yang berada di Border. Bahkan peserta LDK dan Guru Pendamping sempat melaksanakan foto bersama di Patok D-200 Type D yang merupakan tanggung jawab Kompi Satgas B. Tidak hanya berfoto namun peserta juga diberikan penjelasaan dan pengenalan singkat tentang Patok Perbatasan RI-Malaysia guna meningkatkan rasa Cinta Tanah Air Indonesia.

Long Mars dilanjutkan menuju Negara Malaysia dan sampai di Pos Gabma Biawak Malaysia melaksanakan Ishoma. Ketika berada di Pos Gabma Biawak Malaysia, para peserta LDK mendapat sambutan yang baik dari Camp Gabma Biawak Malaysia. Major Zakuan menyampaikan terima kasih atas kedatangan peserta LDK dari Negara tetangga ke Pos Gabma Biawak dan Beliau bangga atas semangat pemuda pemudi Indonesia dengan menampilkan sedikit yell-yell dan nyanyian untuk membangkitkan semangat.



Setelah melaksanakan Ishoma dan berfoto-foto di Pos Gabma Biawak Malaysia, perjalanan dilanjutkan kembali menuju ke Patok Perbatasan yang berada di sekitar Pos Gabma Biawak. Rute yang di lalui menuju Patok Perbatasan cukup menantang dengan melawati jalan setapak, sungai, dan melewati beberapa bukit. Setelah sampai di Patok D-198 Type D, para peserta berhenti sejenak untuk menerima pengenalan  dan penjelasan tentang Patok Perbatasan RI-Malaysia serta Wawasan Kebangsaan tentang Patok Perbatasan untuk meningkatkan rasa Cinta Tanah Air oleh Letnan Satu Inf Dian Nur Huda, S.S.T.Han., S.IP., S.Sos (Danpos Km 28).



Perjalanan dilanjutkan kembali menuju ke Tanah Air Indonesia. Rute perjalanan melewati jalan setapak yang basah setelah turun hujan tidak menyurutkan semangat peserta LDK ke Luar Negeri selama beberapa jam perjalanan berakhir di Pos Gabma Sajingan Besar. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan dasar senjata SS-2 V4 yang merupakan indek prajurit Yonif Linud 501/BY. Kegiatan tersebut cukup menarik minat dan semangat peserta LDK karena merupakan  hal baru bagi mereka. Kegiatan malam hari diisi acara nonton bersama video Kebangsaan untuk meningkatkan rasa Nasionalisme Bangsa.


Pada hari minggu 18 Januari 2015 pukul 03.30 para peserta melaksanakan Kloneng Alarm Stelling. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatihkan kesiapsiagaan para peserta LDK. Setelah dilaksanakan pengecekan personil Alarm Stelling, peserta melaksanakan pembersihan sektor SMKN 1 Sajingan Besar dan pelaksanaan pengepakan barang  dikarenakan pada siang hari akan dilaksanakan acara penutupan LDK.

Pada pukul 09.00 WIB kegiatan LDK SMA dan SMK se-Kabupaten Sambas resmi dinyatakan ditutup. Koordinator Pelatih LDK sebagai pimpinan acara penutupan kegiatan LDK menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga atas terselenggaranya kegiatan LDK dengan lancar. Dengan harapan agar tahun berikutnya kegiatan LDK seperti ini tetap diteruskan. Sehubungan dengan kegiatan LDK se-Kabupaten Sambas baru pertama kali dilaksanakan  di Kecamatan Sajingan Besar dan dilatih oleh Satgas Pamtas YL 501/BY. Bahkan sampai bisa melaksanakan ke Luar Negeri Jiran Malaysia. Semoga ilmu yang diajarkan dan dilatihkan oleh pelatih dari Satgas Pamtas YL 501/BY dalam rangka LDK se- Kabupaten Sambas dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta LDK yang mana semua pesertanya adalah pemuda-pemudi perbatasan yang merupakan generasi penerus Bangsa Indonesia di Wilayah Perbatasan RI-Malaysia.





SEKILAS PENULIS


Nama : Dian Nur Huda, S.S.T.Han., S.IP., S.Sos

Pangkat : Letnan Satu Infanteri

NRP : 11110011270589

Jabatan Penugasan : Komandan Pos Km 28

Jabatan Organik : Danton 2 Kompi B/501/18/2 Kostrad





0 komentar:

Post a Comment