Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Monday, March 9, 2015

Sosialisasi Pointers Pengarahan Kasad Di Yonif Linud 501/BY

Dalam rangka kegiatan penyampaian Pointers Pengarahan Kasad serta penjabaran Dansat khususnya kepada seluruh anggota Yonif Linud 501/BY, kegiatan sosialisasi tersebut disampaikan kepada seluruh anggota pada hari Senin tanggal 09 Maret 2015 bertempat di Aula AH. Simanjuntak Yonif Linud 501/BY yang dihadiri 198 anggota dipimpin oleh Mayor Inf Gustiawan Ferdianto selaku Wadan Yonif Linud 501/BY sebagai narasumber.

Adapun Pointers Pengarahan Kasad yang disampaikan diantaranya :

a. Tahun Konsolidasi, Tahun 2015 bagi jajaran TNI AD sebagaimana penekanan Kasad beberapa saat yang lalu adalah merupakan tahun konsolidasi. Menjadi tahun konsolidasi karena pada tahun 2014 yang lalu, di samping pelaksanaan tugas pokok, jajaran TNI AD juga menjadi bagian dari upaya menyukseskan rangkaian pelaksanaan agenda politik nasional, Pemilihan Umum Legislatif pada 9 April 2014, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada 9 Juli 2014 dan rangkaian penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hingga proses pelantikannya.

b. Sekalipun secara politik TNI AD tidak terlibat langsung dan telah dapat membuktikan netralitasnya dengan sangat baik pada seluruh rangkaian agenda politik nasional tersebut, namun sebagai sebuah organisasi yang modern dan berorientasi untuk terus mempersiapkan diri menyongsong tugas masa depan, sangat penting untuk melakukan konsolidasi secara menyeluruh.

c. Dalam tahun konsolidasi ini ada dua hal utama yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI AD yakni, ke dalam, meningkatkan kegiatan pembinaan satuan (binsat) dan ke luar, melaksanakan Serbuan Teritorial.

d. Meningkatkan Binsat. Fokus pada pembinaan satuan ini dilakukan oleh jajaran TNI AD, dengan pertimbangan bahwa berdasarkan evaluasi pada tahun 2014 banyak satuan-satuan TNI AD yang mengalami penurunan dalam pelaksanaan Binsat.

e. Secara khusus bagi satuan tempur dan satuan bantuan tempur telah diperintahkan untuk melaksanakan program kegiatan terutama di bidang latihan. Dalam rangka upaya peningkatan kemampuan satuan termasuk kemampuan perorangan Prajurit TNI AD.

f. Dalam rangka meningkatkan kualitas prajurit maupun satuan TNI AD, telah mulai dilaksanakan Latihan Raiders untuk 12 Yonif dan akan dilaksanakan peningkatan kemampuan satuan Yonif Linud Kostrad menjadi Yonif Para Raider yang berkemampuan Linud, Raider, Ranger dan OLI, Selanjutnya untuk menguji kehandalan Satpur dan Satbanpur akan dilaksanakan pula Lomba Ton Tangkas terpusat di Magelang, dan pelaksanaan Lomba Binsat.

g. Sedangkan dalam peningkatan kualitas Prajurit kepada Satpur dan Satbanpur diwajibkan untuk seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara maupun Tamtama memiliki kemampuan BDM hingga berkualifikasi sabuk hitam atau Dan I terhitung mulai tanggal 1 April 2015. Pada saat yang sama, untuk peningkatan kemampuan menembak Prajurit, kepada seluruh Prajurit satpur diwajibkan untuk meningkatkan kemahiran menembak hingga tingkat pratama terhitung mulai tanggal 1 April 2015. Melalui dua kegiatan tersebut, BDM dan hirbak, diharapkan profesionalisme Prajurit akan meningkat dan pada gilirannya akan menjadi bagian dari peningkatan profesionalisme TNI AD.

h. Terkait dengan peningkatan kemampuan baik secara satuan maupun perorangan tersebut, hendaknya benar-benar ditekankan tentang pentingnya kesungguhan dalam pelaksanaan latihan apapun. Hal ini menjadi keharusan yang tidak bisa ditawar oleh setiap Prajurit TNI AD, sekali lagi, baik untuk Perwira, Bintara maupun Tamtama.

i. Sebagaimana telah disaksikan bersama pada video Latihan Komando Kepala Staf Angkatan Darat tadi, dalam sebuah latihan tidak ada bedanya antara Jenderal dan Prajurit Dua sekalipun. Ini bukan sekedar ungkapan basa-basi dari atasan kepada bawahan. Kepala Staf TNI AD telah memberikan dan menjadi contoh teladan nyata kepada semua Prajurit bahwa seorang Jenderal bintang 4 sekalipun, ketika melaksanakan latihan, harus melakukannya dengan penuh semangat dan kesungguhan. serta sepenuhnya mengikuti apa yang diperintahkan oleh setiap pelatih tanpa kecuali.

k. Karenanya menjadi kewajiban kita semua, setiap Prajurit TNI AD, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama, untuk meneladani apa yang sudah dicontohkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat tersebut. Dan sebagai Prajurit yang lebih muda dari segi usia serta berpangkat lebih rendah dari Kasad. Hanya ada satu alternatif : lakukan latihan dengan penuh kesungguhan, semangat tinggi serta kehendak untuk menjadi Prajurit dengan profesionalitas terbaik.

Sekalipun prioritas kegiatan pada tahun konsolidasi di Jajaran TNI AD adalah dalam kedua bidang sebagaimana diuraikan di atas, namun demikian sangat penting untuk memperhatikan pula hal-hal sebagai berikut :

a. Tingkatkan profesionalitas dan kinerja aparat intelijen, dengan melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi melaiui temu cepat lapor cepat. Di samping itu tingkatkan kepekaan dan kepedulian tertiadap anak buah untuk mengetahui permasalahan anggota, sehingga tingkat pelanggaran personel dapat dikurangi seminimal mungkin. Laksanakan pengamanan aset tanah dan bangunan milik TNI AD baik yang berstatus BMN maupun Okupasi TNI AD;

b. Optimalkan kesiapan operasional satuan dalam menghadapi tugas-tugas kedepan, melalui peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan satuan agar dapat berperan aktif membantu Pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, kebakaran hutan dan lahan serta memberantas kegiatan illegal maupun pelanggaran lainnya;

c. Pahami dan taati pola pembinaan personel sesuai dengan ketentuan, sehingga didapatkan pola pembinaan personal yang komprehensif dan terarah, tertib dan lancar serta berkesinambungan, salah satunya adalah dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit sesuai bidangnya masing-masing. Tegakkan hukum, disiplin dan tata tertib sehingga setiap prajurit memperoleh kepastian dan perlindungan hukum, serta dengan penuh kesadaran dan ketulusan akan mematuhi peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku dalam setiap pelaksanaan tugasnya;

d. Tingkatkan pengamanan terhadap barang tidak bergerak aset TNI AD;

e. Lakukan koordinasi secara intensif antara pejabat terkait untuk meningkatkan kemampuan Aparat Kowil dalam penguasaan wilayah, sehingga dapat mencegah setiap kerawanan yang berkembang di wilayah. Percepat keberhasilan Serbuan Teritorial khususnya menuju swasembada pangan nasional; dan

f. Efektifkan fungsi Waskat untuk menghindari penyimpangan pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran agar sasaran program yang telah ditetapkan dapat tercapai.

3. Pelihara fisik setiap Prajurit tanpa kecuali melalui kegiatan senam pagi bersama.

4. Kasad sangat bangga terhadap kinerja setiap Prajurit yang semakin baik dan profesional, teriring salam hormat Kasad kepada semua Prajurit TNI AD.

5. Penutup. Kasad menyampaikan :


SELAMAT BERLATIH, BERTUGAS DAN BERJUANG, 
JAGA NAMA BAIK SATUANMU
“TNI AD TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH 
DAN SELALU MENANG DALAM SETIAP PERTEMPURA 












0 komentar:

Post a Comment